Marketing
merupakan suatu proses yang setiap pengusaha harus melakukan proses ini. Karena
dengan melakukan proses marketing atau sering juga kita sebut pemasaran ini
maka produk yang kita jual dapat dikenal di pasaran, dapat dikenal di pasaran,
dapat menjadi pilihan bagi pelanggan sehingga banyak orang yang membeli produk
kita.
Dalam
menjalankan proses marketing ini, maka diperlukan suatu strategi untuk memaksimalkan
hasil prosesnya. Mengingat tujuan marketing bagi sebuah perusahaan bukanlah
hanya untuk mendapatkan pelanggan baru yang membeli produk jasanya, namun juga
memberikan pelayanan terbaik dengan mempertimbangakn segala aspek dari dalam
maupun luar perusahaan agar dapat mempertahankan pelanggan yang ada. Karena
mempertahankan pelanggan yang ada ini biayanya lebih murah dibandingkan mencari
pelanggan baru, dan pelanggan yang dapat loyal dengan perusahaan ini lebih
banyak menguntungkan daripada pelanggan baru.
Salah
satu bentuk strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh para pemasar adalah
strategi yang sering disebut dengan marketing mix (bauran pemasaran)
yang mencakup pada produk, price, promotion, place, participant, proces dan
phsycal evidence. Dari sini dapat diketahui bahwasannya marketing mix atau
bauran pemasaran seperti yang didefinisikan oleh Kotler adalah variable-variabel
terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari
pasar sasaran.
Dengan
memperhatikan variable-variabel yang terkandung dalam bauran pemasaran atau
marketing mix diatas, maka diharampakan proses pemasaran ini dapat mencapai tujuan
dengan baik dan mendapatkanhasil yang optimal. Dimana tujuan pemasaran suatu
usaha itu minimalnya ada tiga pokok yang penting, yaitu,
1.
Konsumen potensial mengetahu secara detail produk yang
kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas
produk yang dihasilkan.
2.
Perusahaan dapat menjelaskan produk secara detail semua
kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi
berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk,
promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai
pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga
produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Maka
menerapkan strategi marketing mix dengan memperhatikan variable-variabel di
dalamnya merupakan salah satu proses yang harus dilakukan oleh seorang
pengusaha atau pemasar dalam rangka mencapai target penjualan secara optimal.
Insya Allah bersambung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar