Dalam
dunia bisnis, pemasaran merupakan hal yang sangat penting yang harus
diperhatikan untuk kemajuan usaha. Karena melalui pemasaran ini, merk kita
dapat dikenal secara luas, pelanggan dapat membeli produk kita, pelanggan dapat
loyal dan memberikan berbagai macam keuntungan kepada perusahaan.
Sebuah
perusahaan yang tidak mementingkan pemasaran bagi usahanya, maka niscaya ia
akan hilang ditelan ketatnya persaingan bisnis saat ini.
Coba
kita lihat dari berbagai perusahaan yang sudah mapan dan dikenal saat ini. Betapa
besarnya anggaran yang mereka keluarkan hanya untuk melakukan pemasaran
bisnisnya. Sebut saja salah satu merk bisnis jualan online seperti lazada
misalnya, mungkin bagi pengguna facebook beberapa waktu yang lalu saat akan
login anda mendapatkan iklan yang besar dihalaman luar FB ini. Coba anda
bayangkan berapa besar dana yang ia keluarkan untuk hanya berikaln di facebook
ini. Dan iklan ini hanyalah satu dari sekian banyak strategi pemasaran.
Untuk
melakukan proses pemasaran, tentu sebuah perusahaan tidak serta merta langsung
berjalan begitu saja. Sebagaimana pentingnya perencanaan dalam memulai bisnis,
maka dalam memulai pemasaranpun harus diawali dengan perencanaan juga.
Mengapa
perencanaan pemasaran ini peting bagi seorang pengusaha? Hal ini bertujuan agar
starategi yang kita terapkan dalam pemasaran lebih fokus, tepat sasaran dan
efektif serta efisien.
Salah
satu cara untuk melakukan perencanaan pemasaran dalam rangkan menentukan
strategi yang efektif adalah dengan menggunakan instrument SWOT atau yang juga
sering disebut sebagai analisis SWOT. Metode ini tergolong metode klasik, namun
penting kiranya bagi setiap pemasar dapat merumuskan dimana posisi
oraganisasinya atau posisi perusahaannya, apa yang menjadi kekuatan, apa yang
menjadi kelemahan, apa saja peluang dan apa saja ancaman yang mungkin terjadi.
Secara
sederhana analisis SWOT ini difahami sebagai instrument yang didalamnya
terdapat kerangka kerja berupa kekuatan dan kelemahan serta kesempatan dan
ancaman. Dengan menggunakan kerangkan kerja ini diharapkan pemasaran usaha
dapat lebih efektif dan tepat sasaran.
Lalu,
bagaimana rincian poin-poin kerangka kerja dalam instrument SWOT dalam
penerapannya?
Berikut
dibawah ini secara sederhana dapat di rumuskan kerangka kerja dengan instrument
SWOT untuk mengetahui posisi usaha atau bisnis kita.
Setelah kita mengetahui posisi usaha kita berdasarkan kriteria yang terdapat pada instrument SWOT tersebut, maka dengan modal ini kita dapat memulai menyusuk strategi yang pas dan cocok untuk pemasaran usaha kita. Dengan bermodal analisis SWOT ini juga dapat kita jadikan sumber rujukan untuk menentukan perencanaan jangka panjang perusahaan dan perencanaan jangka pendeknya.
Mari
like Fanspage kami di STRATEGI BISNIS MUSLIM
www.StrategiBisnisMuslim.logspot.Com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar