Dalam
sebuah kegiatan bisnis, tentu tidak akan terlepas bagi kita dua hal yang
penting yang harus kita ketahui, yaitu adanya penyedia layanan dan penerima
layanan. Penyedia layanan dalam hal ini adalah pihak yang menyediakan berbagai
layanan kepada konsumen, baik berupa layanan jasa maupun penyedian barang. Kemudian
ada penerima layanan, yaitu mereka yang sering kita sebut sebagai pelanggan
atau konsumen yang menerima layanan dari penyedia layanan.
Dari
sisi penyedia layanan, khususnya dalam hal ini adalah yang berfokus pada profit
tentunya dalam menjalankan usahanya tidak akan terlepas dari persaingan bisnis
yang ketat. Mengingat saat ini hampir disetiap bidang usaha, baik jasa maupun
penyediaan barang sudah menjamur pemainnya. Maka disini penting kiranya kita
mengenal pelanggan kita sebagai penyedia layanan.
Secara
umum, pelanggan atau sering juga kita sebut sebagai konsumen bagoi sebuah
penyedia layanan itu terbagi menjadi dua, yaitu pelanggan internal dan
pelanggan eksternal. Peran kedua pelanggan ini, bagi suatu organisasi bisnis
yang profit oriented sangatlah besar. Dimana merekalah pelaku dalam
perputaran kegiatan usaha sehari-harinya. Jika tidak ada mereka (konsumen) maka
usaha apapun tidak akan berjalan.
Jika
dilihat dari tingkat pentingnya antara kedua konsumen atau pelanggan tersebut
maka keduanya memiliki porsi yang sama yang setiap perusahaan membutuhkannya. Seperti
pelanggan internal misalnya, mereka adalah orang-orang yang terlibat dalam
proses penyediaan jasa tau proses produksi barang sejak dari perencanaan,
pembuatan, pemasaran, penjualan, pengadministrasian sampai pada pengelolaan
pelanggan. Pelanggan internal ini menjadi sangat penting karena merekalah yang
akan memberikan citra kepada produk kita baik barang ataupun jasa itu baik atau
buruk, memiliki nilai tambah atau sekedar hanya biasa-biasa saja. Oleh Karen persaingan
yang berat disetiap bidang usaha, maka pengelolaan pelanggan internal bagi
sebuah perusahaan adalah sangat penting karena menyangkut dengan kualitas produk yang akan diberikan kepada pelanggan eksternal.
Kemudian
pelanggan eksternal, seperti yang tersirat diatas maka kita dapat mengetahui
bahwa mereka adalah semua orang yang berada diluar organisasi / usaha yang
menerima layanan penyerahan barang atau jasa dari organisasi atau perusahaan
sebagai penyedia layanan. Pelanggan eksternal ini menjadi penting karena mereka
adalah mitra yang akan merasakan dan membeli produk yang kita jual.
Merakalah
(pelanggan ekternal) yang akan merasakn puas atau tidaknya terhadap produk
kita, mereka yang akan merasakan apakah kebutuhan mereka terpenuhi atau tidak
dengan membeli produk kita, ataukah bisa melebihi kebutuhan atau hanya biasa –
biasa saja. Ketika mereka merasakan produk yang kita sediakan untuk mereka
yaitu pelanggan eksternal itu dapat memenuhi standar kualitasnya, dan bahkan
melebihi apa yang ia inginkan, maka kita secara tidak langsung telah mengikat
pelanggan ekternal bagi usaha kita. Namun jika sebaliknya, kita acuhkan
kualitas, kita tidak perhatikan keinginan pelanggan eksternal ini, maka kita
telah mengusir mereka sejak pandangan pertama mereka terhadap usaha kita lalu
kita tunggu usaha kita gulung tikar karena tidak memiliki pelanggan loyal.
Kita
ketahui bersama dari berbagai penelitian bahwasannya jika dalam suatu
perusahaan tingkat turn over nya tinggi maka tentu jasa atau barang yang
dihasilkan akan kurang baik, dan ini merupakan salah satau tanda kegagalan
suatu bisnis / badan usaha atau organiasai dalam melayani pelanggannya.
Maka dengan
memahami sangat pentingnya pelanggan internal maupun eksternal dapat menjadikan
kita lebih fokus melayani mereka dengan tidak melalaikan salah satunya. Karena
ketika kita lalai terhadap pelanggan internal, tentu produk barang atau jasa
yang kita hasilkan akan buruk yang juga akan berimbas pada larinya pelanggan
eksternal karena mereka tidak mendapatkan apa yang dinginkannya atau bahkan
kecewa. Maka proses layanan yang baik dari suatu usaha adalah proses layanan
yang peduli pelanggan baik internal maupun eksternal.
Fanpage
kami STRATEGI BISNIS MUSLIM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar