Dalam
menjalankan usaha, dari usaha jasa, usaha perdagangan barang, usaha
sewa-menyewa atau yang lainnya, maka faktor kualitas layanan adalah hal pertama
yang harus diperhatikan. Karena kualitas layanan, atau kualitas produk disini
merupakan salah satu faktor utama kriteria pilihan pelanggan.
Coba
kita tempatkan diri kita pada posisi pelanggan, ketika kita membeli suatu jasa
layanan, atau membeli suatu produk, dan ketika mendapatkan produk tersebut
dengan keadaan kualitas yang kurang, maka tentu kita akan complain, atau
minimalnya kecewa terhadap produk tersebut. Dikarena kecewa dengan produk suatu
merk tertentu, maka merk itu kedepannya tidak akan menjadi alternative pilihan
membeli produk pada hari-hari berikutnya.
Dari
sini dapat kita ambil kesimpulan kecil bahwasannya kualitas produk, kualitas
layanan merupakan salah satu faktor penentu loyalnya seorang pelanggan kepada
suatu merk atau perusahaan.
Lalu
apa pentingnya loyalitas pelanggan bagi sebuat perusahaan? Apakah perlu kita
mengejar loyalitas pelanggan?
Tentu
ini merupakan teori yang sudah cukup lama, namun ini juga sangat penting
diterapkan pada bisnis-bisnis di saat ini. Karena loyalitas ini sesungguhnya
asset lunak yang sangat menentukan kebedaradaan sebuah merk atau perusahaan
kedepannya. Coba anda bayangkan sebuah perusahaan yang tidak mengejar loyalitas
pelanggan terhadap merknya? Maka apa yang akan terjadi? Tentunya satu demi satu
pelanggannya akan berguguran eninggalakannya dan tinggal menunggu hari
kebangkrutan usaha tersebut.
Nah
karena pentingnya loyalitas pelanggan ini sebagai salah satu pengunci penjualan
produk kita di masa yang akan datang, maka tentunya kita harus mengetahui apa
saja kriteria seorang pelanggan untuk menentukan pilihannya / untuk menempatkan
hatinya kepada suabuah merk usaha.
Yang
paling mudah dan yang paling banyak dicari seorang pelanggan terhadap suatu
merk produk atau layanan adalah kualitas. Maka kualitas produk ini merupakan
salah satu kriteria yang akan dicari pada sebuah produk. Tentunya seorang
pelanggan tidak akan terus menerus melakukan pembelian terhadap suatu jasa atau
barang yang tidak memiliki kualitas. Nah disinilah nilai kualitas barang
menjadi penting bagi sebuah merk atau jasa yang dijual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar