Mengenal Pelanggan


mengenal pelanggan
Dalam sebuah kegiatan bisnis, tentu tidak akan terlepas bagi kita dua hal yang penting yang harus kita ketahui, yaitu adanya penyedia layanan dan penerima layanan. Penyedia layanan dalam hal ini adalah pihak yang menyediakan berbagai layanan kepada konsumen, baik berupa layanan jasa maupun penyedian barang. Kemudian ada penerima layanan, yaitu mereka yang sering kita sebut sebagai pelanggan atau konsumen yang menerima layanan dari penyedia layanan.

Dari sisi penyedia layanan, khususnya dalam hal ini adalah yang berfokus pada profit tentunya dalam menjalankan usahanya tidak akan terlepas dari persaingan bisnis yang ketat. Mengingat saat ini hampir disetiap bidang usaha, baik jasa maupun penyediaan barang sudah menjamur pemainnya. Maka disini penting kiranya kita mengenal pelanggan kita sebagai penyedia layanan.

Secara umum, pelanggan atau sering juga kita sebut sebagai konsumen bagoi sebuah penyedia layanan itu terbagi menjadi dua, yaitu pelanggan internal dan pelanggan eksternal. Peran kedua pelanggan ini, bagi suatu organisasi bisnis yang profit oriented sangatlah besar. Dimana merekalah pelaku dalam perputaran kegiatan usaha sehari-harinya. Jika tidak ada mereka (konsumen) maka usaha apapun tidak akan berjalan.

Jika dilihat dari tingkat pentingnya antara kedua konsumen atau pelanggan tersebut maka keduanya memiliki porsi yang sama yang setiap perusahaan membutuhkannya. Seperti pelanggan internal misalnya, mereka adalah orang-orang yang terlibat dalam proses penyediaan jasa tau proses produksi barang sejak dari perencanaan, pembuatan, pemasaran, penjualan, pengadministrasian sampai pada pengelolaan pelanggan. Pelanggan internal ini menjadi sangat penting karena merekalah yang akan memberikan citra kepada produk kita baik barang ataupun jasa itu baik atau buruk, memiliki nilai tambah atau sekedar hanya biasa-biasa saja. Oleh Karen persaingan yang berat disetiap bidang usaha, maka pengelolaan pelanggan internal bagi sebuah perusahaan adalah sangat penting karena menyangkut dengan kualitas produk yang akan diberikan kepada pelanggan eksternal.

Kemudian pelanggan eksternal, seperti yang tersirat diatas maka kita dapat mengetahui bahwa mereka adalah semua orang yang berada diluar organisasi / usaha yang menerima layanan penyerahan barang atau jasa dari organisasi atau perusahaan sebagai penyedia layanan. Pelanggan eksternal ini menjadi penting karena mereka adalah mitra yang akan merasakan dan membeli produk yang kita jual.

Merakalah (pelanggan ekternal) yang akan merasakn puas atau tidaknya terhadap produk kita, mereka yang akan merasakan apakah kebutuhan mereka terpenuhi atau tidak dengan membeli produk kita, ataukah bisa melebihi kebutuhan atau hanya biasa – biasa saja. Ketika mereka merasakan produk yang kita sediakan untuk mereka yaitu pelanggan eksternal itu dapat memenuhi standar kualitasnya, dan bahkan melebihi apa yang ia inginkan, maka kita secara tidak langsung telah mengikat pelanggan ekternal bagi usaha kita. Namun jika sebaliknya, kita acuhkan kualitas, kita tidak perhatikan keinginan pelanggan eksternal ini, maka kita telah mengusir mereka sejak pandangan pertama mereka terhadap usaha kita lalu kita tunggu usaha kita gulung tikar karena tidak memiliki pelanggan loyal.

Kita ketahui bersama dari berbagai penelitian bahwasannya jika dalam suatu perusahaan tingkat turn over nya tinggi maka tentu jasa atau barang yang dihasilkan akan kurang baik, dan ini merupakan salah satau tanda kegagalan suatu bisnis / badan usaha atau organiasai dalam melayani pelanggannya.

Maka dengan memahami sangat pentingnya pelanggan internal maupun eksternal dapat menjadikan kita lebih fokus melayani mereka dengan tidak melalaikan salah satunya. Karena ketika kita lalai terhadap pelanggan internal, tentu produk barang atau jasa yang kita hasilkan akan buruk yang juga akan berimbas pada larinya pelanggan eksternal karena mereka tidak mendapatkan apa yang dinginkannya atau bahkan kecewa. Maka proses layanan yang baik dari suatu usaha adalah proses layanan yang peduli pelanggan baik internal maupun eksternal.

Fanpage kami STRATEGI BISNIS MUSLIM  

Artikel : Mengenal Pelanggan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar