Pentingnya Kualitas Produk


Pentingnya Kualitas Produk
Dalam menjalankan usaha, dari usaha jasa, usaha perdagangan barang, usaha sewa-menyewa atau yang lainnya, maka faktor kualitas layanan adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Karena kualitas layanan, atau kualitas produk disini merupakan salah satu faktor utama kriteria pilihan pelanggan.

Coba kita tempatkan diri kita pada posisi pelanggan, ketika kita membeli suatu jasa layanan, atau membeli suatu produk, dan ketika mendapatkan produk tersebut dengan keadaan kualitas yang kurang, maka tentu kita akan complain, atau minimalnya kecewa terhadap produk tersebut. Dikarena kecewa dengan produk suatu merk tertentu, maka merk itu kedepannya tidak akan menjadi alternative pilihan membeli produk pada hari-hari berikutnya.

Dari sini dapat kita ambil kesimpulan kecil bahwasannya kualitas produk, kualitas layanan merupakan salah satu faktor penentu loyalnya seorang pelanggan kepada suatu merk atau perusahaan.

Lalu apa pentingnya loyalitas pelanggan bagi sebuat perusahaan? Apakah perlu kita mengejar loyalitas pelanggan?

Tentu ini merupakan teori yang sudah cukup lama, namun ini juga sangat penting diterapkan pada bisnis-bisnis di saat ini. Karena loyalitas ini sesungguhnya asset lunak yang sangat menentukan kebedaradaan sebuah merk atau perusahaan kedepannya. Coba anda bayangkan sebuah perusahaan yang tidak mengejar loyalitas pelanggan terhadap merknya? Maka apa yang akan terjadi? Tentunya satu demi satu pelanggannya akan berguguran eninggalakannya dan tinggal menunggu hari kebangkrutan usaha tersebut.

Nah karena pentingnya loyalitas pelanggan ini sebagai salah satu pengunci penjualan produk kita di masa yang akan datang, maka tentunya kita harus mengetahui apa saja kriteria seorang pelanggan untuk menentukan pilihannya / untuk menempatkan hatinya kepada suabuah merk usaha.

Yang paling mudah dan yang paling banyak dicari seorang pelanggan terhadap suatu merk produk atau layanan adalah kualitas. Maka kualitas produk ini merupakan salah satu kriteria yang akan dicari pada sebuah produk. Tentunya seorang pelanggan tidak akan terus menerus melakukan pembelian terhadap suatu jasa atau barang yang tidak memiliki kualitas. Nah disinilah nilai kualitas barang menjadi penting bagi sebuah merk atau jasa yang dijual.

Like Fanpage kami di STRATEGI BISNIS MUSLIM 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar