Menentukan Strategi Pemasaran Dengan Analisis SWOT



Dalam dunia bisnis, pemasaran merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan untuk kemajuan usaha. Karena melalui pemasaran ini, merk kita dapat dikenal secara luas, pelanggan dapat membeli produk kita, pelanggan dapat loyal dan memberikan berbagai macam keuntungan kepada perusahaan.

Sebuah perusahaan yang tidak mementingkan pemasaran bagi usahanya, maka niscaya ia akan hilang ditelan ketatnya persaingan bisnis saat ini.

Coba kita lihat dari berbagai perusahaan yang sudah mapan dan dikenal saat ini. Betapa besarnya anggaran yang mereka keluarkan hanya untuk melakukan pemasaran bisnisnya. Sebut saja salah satu merk bisnis jualan online seperti lazada misalnya, mungkin bagi pengguna facebook beberapa waktu yang lalu saat akan login anda mendapatkan iklan yang besar dihalaman luar FB ini. Coba anda bayangkan berapa besar dana yang ia keluarkan untuk hanya berikaln di facebook ini. Dan iklan ini hanyalah satu dari sekian banyak strategi pemasaran.

Untuk melakukan proses pemasaran, tentu sebuah perusahaan tidak serta merta langsung berjalan begitu saja. Sebagaimana pentingnya perencanaan dalam memulai bisnis, maka dalam memulai pemasaranpun harus diawali dengan perencanaan juga.

Mengapa perencanaan pemasaran ini peting bagi seorang pengusaha? Hal ini bertujuan agar starategi yang kita terapkan dalam pemasaran lebih fokus, tepat sasaran dan efektif serta efisien.

Salah satu cara untuk melakukan perencanaan pemasaran dalam rangkan menentukan strategi yang efektif adalah dengan menggunakan instrument SWOT atau yang juga sering disebut sebagai analisis SWOT. Metode ini tergolong metode klasik, namun penting kiranya bagi setiap pemasar dapat merumuskan dimana posisi oraganisasinya atau posisi perusahaannya, apa yang menjadi kekuatan, apa yang menjadi kelemahan, apa saja peluang dan apa saja ancaman yang mungkin terjadi.

Secara sederhana analisis SWOT ini difahami sebagai instrument yang didalamnya terdapat kerangka kerja berupa kekuatan dan kelemahan serta kesempatan dan ancaman. Dengan menggunakan kerangkan kerja ini diharapkan pemasaran usaha dapat lebih efektif dan tepat sasaran.

Lalu, bagaimana rincian poin-poin kerangka kerja dalam instrument SWOT dalam penerapannya?

Berikut dibawah ini secara sederhana dapat di rumuskan kerangka kerja dengan instrument SWOT untuk mengetahui posisi usaha atau bisnis kita. 


Setelah kita mengetahui posisi usaha kita berdasarkan kriteria yang terdapat pada instrument SWOT tersebut, maka dengan modal ini kita dapat memulai menyusuk strategi yang pas dan cocok untuk pemasaran usaha kita. Dengan bermodal analisis SWOT ini juga dapat kita jadikan sumber rujukan untuk menentukan perencanaan jangka panjang perusahaan dan perencanaan jangka pendeknya.

Mari like Fanspage kami di STRATEGI BISNIS MUSLIM  
www.StrategiBisnisMuslim.logspot.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar