Pentingnya Marketing Mix Dalam Pemasaran


strategi marketing mix
Marketing merupakan suatu proses yang setiap pengusaha harus melakukan proses ini. Karena dengan melakukan proses marketing atau sering juga kita sebut pemasaran ini maka produk yang kita jual dapat dikenal di pasaran, dapat dikenal di pasaran, dapat menjadi pilihan bagi pelanggan sehingga banyak orang yang membeli produk kita.

Dalam menjalankan proses marketing ini, maka diperlukan suatu strategi untuk memaksimalkan hasil prosesnya. Mengingat tujuan marketing bagi sebuah perusahaan bukanlah hanya untuk mendapatkan pelanggan baru yang membeli produk jasanya, namun juga memberikan pelayanan terbaik dengan mempertimbangakn segala aspek dari dalam maupun luar perusahaan agar dapat mempertahankan pelanggan yang ada. Karena mempertahankan pelanggan yang ada ini biayanya lebih murah dibandingkan mencari pelanggan baru, dan pelanggan yang dapat loyal dengan perusahaan ini lebih banyak menguntungkan daripada pelanggan baru.

Salah satu bentuk strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh para pemasar adalah strategi yang sering disebut dengan marketing mix (bauran pemasaran) yang mencakup pada produk, price, promotion, place, participant, proces dan phsycal evidence. Dari sini dapat diketahui bahwasannya marketing mix atau bauran pemasaran seperti yang didefinisikan oleh Kotler adalah variable-variabel terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari pasar sasaran.

Dengan memperhatikan variable-variabel yang terkandung dalam bauran pemasaran atau marketing mix diatas, maka diharampakan proses pemasaran ini dapat mencapai tujuan dengan baik dan mendapatkanhasil yang optimal. Dimana tujuan pemasaran suatu usaha itu minimalnya ada tiga pokok yang penting, yaitu,

1.    Konsumen potensial mengetahu secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2.    Perusahaan dapat menjelaskan produk secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

Maka menerapkan strategi marketing mix dengan memperhatikan variable-variabel di dalamnya merupakan salah satu proses yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha atau pemasar dalam rangka mencapai target penjualan secara optimal. Insya Allah bersambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar